top of page

Axioo Jalin Kolaborasi dengan GEAR Computer: Mengentaskan Buta Teknologi di Indonesia

Axioo Jalin Kolaborasi dengan GEAR Computer
Axioo X GEAR Computer

Kolaborasi GEAR Computer dan Axioo, dua perusahaan IT nasional mengentaskan buta teknologi di Indonesia. Budget yang terbatas dan tagihan listrik yang tinggi masih menjadi momok bagi banyak sekolah di Indonesia, terutama di daerah tertinggal. Padahal data pengiriman komputer di Indonesia juga menunjukkan bahwa saat ini Indonesia masih tertinggal jauh dalam hal kepemilikan komputer pribadi dibanding negara lain.  Buta teknologi menjadi salah satu tantangan utama yang harus segera diselesaikan untuk mencapai generasi emas Indonesia di 2045 nanti. 


Didukung oleh Intel Corporation,  PT Indo Mega Vision (GEAR Computer) dan PT Tera Data Indonusa Tbk (Axioo) meresmikan kelas laboratorium IDV pertama di Indonesia  di SMK Pertiwi Kuningan, Jawa Barat pada Kamis, 19 September 2024. Inisiatif ini bertujuan membantu memberikan solusi bagi  sekolah - sekolah yang memiliki keterbatasan dana dan listrik untuk dapat memiliki laboratorium komputer  dengan spesifikasi yang mumpuni tetapi tetap hemat daya.


Teknologi intel Intelligent Desktop Virtualization atau yang disingkat IDV saat ini  diterapkan oleh produk dari GEAR Computer yaitu GEAR VLab dan Axioo dengan Axioo EzyLinX. Dengan teknologi ini, 1 lab komputer yang tadinya membutuhkan sedikitnya 16 komputer untuk 16 siswa sekarang bisa dihemat hanya dengan menggunakan 4 komputer dan 1 server saja. Bahkan para siswa bisa menggunakan Operations System yang berbeda beda sesuai dengan kebutuhan mereka. 


 “GEAR VLab dan Axioo EzylinX  adalah hasil riset bertahun tahun yang kami lakukan bersama Intel Corporation. Solusi ini diharapkan menjadi solusi terbaik untuk kebutuhan komputer di sekolah sekolah, terutama yang memiliki anggaran terbatas terutama di biaya listrik yang pasti akan terus naik tiap tahunnya," ujar Sugiyanto Sutikno, Presiden Direktur PT Indo Mega Vision.


Dengan teknologi virtualisasi dari Intel dan dukungan perangkat keras dari GEAR VLab dan Axioo EzylinX akan mendukung kegiatan belajar siswa karena telah dilengkapi dengan digital library, interactive learning, video pembelajaran hingga ujian dan soal untuk siswa. Sedangkan keuntungan untuk sekolah yang mengimplementasi, akan menghadirkan solusi yang tidak hanya meningkatkan efisiensi pendidikan tetapi juga sekolah dapat menghemat biaya pengadaan dan operasional karena bisa memangkas konsumsi listrik hingga 60% sampai dengan 70%.


Vice President Business Development & Strategic Partnership PT Tera Data Indonusa, Tbk Timmy Theopelus menjelaskan, “Kami meresmikan laboratorium karena kami melihat pengembangan talenta digital harus dimulai dari sekolah. Sumber daya manusia dan potensi ekonomi dari dunia digital di Indonesia masih sangat besar. Dengan kehadiran lab EzylinX kami berharap semua sekolah akan memperoleh akses kepada komputer yang canggih namun terjangkau namun hemat daya.


Sebagai bagian dari komitmennya untuk mendukung transformasi pendidikan di Indonesia, PT Indo Mega Vision memberikan hibah satu set perangkat GEAR VLab dan Axioo EzylinX —satu server, empat host, enam belas client— kepada SMK Pertiwi di Kuningan, Jawa Barat. Harapannya, siswa dan tenaga pengajar di sekolah tersebut dapat merasakan manfaat langsung dari teknologi IDV.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai GEAR VLab, dan Axioo EzylinX silahkan kunjungi situs web resmi PT Indo Mega Vision (www.imv.co.id) dan PT Tera Data Indonusa Tbk (www.terra.co.id).

5 views

Comments


bottom of page